TUGAS KELOMPOK MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

NAMA KELOMPOK :  S1 PPKn 2012 / C

1.Nasria Ika Nitasari  (124254240)
2.Yeni Agus Tri Puryanti  (124254243)
3.Elfira Rabbani Hafinur  (124254244)
4.Ari Tri Maria  (124254245)
MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA
IMG_20131226_170421

K.D. 3.6 KELAS VII SMP

“Memahami keberagaman suku, budaya, agama, ras, dan gender

 

Pembelajaran Menggunakan Media Ular Tangga

Permainan ular tangga adalah salah satu jenis permainan tradisional yang mendunia. Permainan ini merupakan jenis permainan kelompok, melibatkan beberapa orang dan tidak dapat digunakan secara individu. Media ini digunakan untuk mengulang (review) pelajaran yang telah diberikan. Media pembelajaran dengan menggunakan permainan ular tangga ini terdiri dari 4 bagian yaitu; kertas petak permainan, kartu pertanyaan, dadu dan maskot. Untuk membuat media ini sangatlah sederhana. Kita dapat memperoleh permainan ular tangga di toko-toko mainan. Namun jika kita ingin membuatnya sendiri, kita dapat memodifikasi sedemikian rupa seperti apa yang kita inginkan.

Penggunaan media permainan ular tangga sebagai media pembalajaran dapat digunakan sebagai salah satu  alternative untuk dapat mengembangkan kemampuan  mengenal konsep bilangan. Guru dapat menggunakan media permainan ular tangga yang direkomendasikan dalam pembelajaran. Menurut Nining Sriningsih mengungkapkan secara umum bahwa media permainan ular tangga dapat diberikan dalam rangka menstimulasi berbagai bidang pengembangan seperti kognitif, bahasa dan sosial. Keterampilan berbahasa yang dapat distimulasi melalui permainan ini misalnya kosakata naik turun, maju mundur, ke atas – ke bawah, dan lain sebagainya. Keterampilan sosial yang dilatih dalam permainan ini di antaranya kemauan mengikuti dan mematuhi aturan permainan, bermain secara bergiliran. Keterampilan kognitif matematika yang terstimulasi yaitu menyebutkan macam-macam keanekaragaman yang dimiliki Negara Indonesia serta mengenal keanekaragaman yang dimiliki Negara Indonesia.

Langkah-langkah Pembelajaran Menggunakan Media Ular Tangga :

1.Guru menjelaskan rencana kegiatan yang akan dilakukan yaitu dengan permainan ular tangga dengan menghubungkannya kedalam K.D. Pelajaran yang akan dipelajari
2.Guru mebagi siswa dalam beberapa kelompok
3.Kemudian guru menjelaskan aturan mainnya
4.Terdapat 1 buah dadu dan beberapa bidak. Jumlah bidak yang digunakan sesuai dengan jumlah pemain
5.Semua pemain memulai dari petak nomor 1
6.Pada saat gilirannya, siswa melempar dadu dn dapat memajukan bidaknya beberapa petak sesuai dengan angka hasil lemparan dadu
7.Bila siswa mendapat angka 6 dari pelemparan dadu, maka pemain tersebut mendapat giliran sekali lagi untuk melempar dadu
8.Jika bidak sesuai berakhir pada petak yang mengandung kaki tangga maka siswa berhak melanjutkan permainan. Namun jika bidak siswa berakhir pada petak yang mengandung ekor ular, maka akan mendapatkan pertanyaan dan bisa mengambil pertanyaan di amplop pertanyaan
9.Bagi siswa yang menang akan mendapatkan skor tinggi dari guru. Sedangkan bagi siswa yang kalah mendapatkan hukuman menyanyikan lagu wajib nasional
Kelebihan media ini sebagai berikut:
1.Media ular tangga ini sangat efektif untuk mengulang (review) pelajaran yang telah diberikan
2.Media ini sangat praktis dan ekonomis serta mudah dimainkan
3.Dapat meningkatkan antusias siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini
4.Siswa akan menjawab pertanyaan dengan sungguh-sungguh apabila mereka berhenti di kotak pertanyaan
5.Media ini sangat disenangi oleh murid karena banyak terdapat gambar yang menarik dan full colour
6.Pada permainan ini mampu melatih sikap siswa untuk mengantri dalam memulai pengocokan/permainan
7.Melatih kognitif siswa saat menjumlahkan mata ular saat dadu keluar
8.Melatih kerjasama (kelompok)
9.Memotivasi siswa agar terus belajar karena belajar adalah hal yang menyenangkan dan mengasyikan, bukan lagi sesuatu yang hanya harus terpaku pada lembaran-lembaran soal ulangan
10.Menerapkan imajinasi siswa tentang peraturan permainan
Kelemahan media ini adalah:
a.Dimungkinkan menimbulkan kejenuhan karena banyaknya pertanyaan yang akan ditemui siswa
b.Akan menimbulkan kejenuhan pada siswa yang menunggu giliran permainan
c.Keadaan kurang terkontrol akibat kurangnya pengawasan guru dalam proses permainan
d.Tanpa pengawasan yang intensif dari guru, siswa dapat mudah terjebak dalam permainan ular tangganya saja tanpa bisa menyerap nilai-nilai atau tujuan digunakan media pembelajaran ini
e.Media ini tidak cocok digunakan untuk kelas dengan jumlah siswa yang besar
f.Membutuhkan persiapan yang matang agar menyesuaikan konsep materi dan kegiatan pembelajaran
g.Jika terdapat siswa yang cenderung cepat bosan maka ia akan kehilangan minat untuk bermain
h.Penggunaan media permainan ular tangga memerlukan banyak waktu untuk menjelaskan kepada anak
i.Permainan ular tangga tidak dapat mengembangkan semua materi pembelajaran
j.Kurangnya pemahaman aturan permainan oleh anak dapat menimbulkan kericuhan
k.Jika siswa turun tangga maka kemungkinan mendapatkan jenis soal yang sama
l.Bagi anak yang tidak menguasai materi dengan baik akan mengalami kesulitan dalam bermain.

IMG_20131226_170421  IMG_20131226_165335IMG_20131226_165306  IMG_20131226_161233  IMG_20131226_161324  IMG_20131226_161842  img_20140115_104513  img_20140115_104604  img_20140115_104613  img_20140115_104638  img_20140115_104715  img_20140115_104723  img_20140115_104735  img_20140115_104530  img_20140115_104541  img_20140115_105015  img_20140115_104949

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s