KEGIATAN MELESTARIKAN ALAM

1.      Reboisasi Hutan

 reboisasi hutanreboisasi mangrove

Tumbuhan berfungsi untuk menyerap gas yang membahayakan bagi manusia. Tumbuhan mampu memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis. Selain itu tumbuhan juga mengeluarkan uap air, sehingga kelembapan udara akan tetap terjaga. Saat ini banyak hutan yang rusak dan lenyap karena perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab dengan menebang hutan sembarangan (illegal loging) tanpa menanam kembali tumbuhan yang ditebang sehingga membuat produksi oksigen dalam atmosfer berkurang, dan itu menyebabkan pemanasan global (global warming) karena menipisnya lapisan ozon. Hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi, sebab hutan bukan hanya menyediakan bahan pangan maupun bahan produksi, melainkan juga penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air. Dengan banyaknya hutan gundul yang dapat menimbulkan berbagai bencana yang merugikan manusia karena illegal loging sehingga kita sebaiknya harus mempunyai sikap sadar lingkungan yaitu dengan melakukan kegiatan melestarikan lingkungan (alam) yang dapat berupa reboisasi hutan (penanaman hutan kembali yang gundul) dan juga penanaman tanaman bakau di sekitar pantai yang berfungsi untuk mencegah adanya erosi. Dan bagi pemerintah harus membuat dan menerapkan peraturan mengenai pemberian sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan.

 

2.      Membuang Sampah Pada Tempatya

membuang sampah pada tempatnya

Saat ini banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan. Banyak dari mereka yang suka membuang sampah sembarangan dan tidak ditempatnya. Bahkan ketika mereka di dalam mobil atau kendaraan mereka tetap saja membuang sampahnya ke jalanan. Padahal dari perilaku mereka yang suka membuang sampah sembarangan itu dapat merugikan diri mereka dan orang lain. Dengan banyaknya sampah yang dibuang sembarangan misalnya kesungai dapat mengakibatkan banjir karena didalam sungai sudah banyak tumpukan sampah yang membuat sungai menjadi dangkal, sehingga apabila sudah waktunya musim penghujan tiba dan sungai tidak bisa menampung air hujan karena kapasitas airnya berlebihan sehingga air sungai akan meluap dan akan terjadi banjir. Dengan meluapnya air sungai tersebut kepemukiman penduduk maka akan banyak penduduk yang terserang berbagai macam penyakit karena dari efek meluapnya air sungai yang kotor karena banyak sampah misalnya penyakit gatal-gatal, diare, dan lain-lain. Pemerintah seharusnya membuat program yang tegas dengan memberikan sanksi kepada orang yang membuang sampah sembarangan karena itu akan merugikan bangsa dan negara. Kita sebagai warga negara yang baik, juga seharusnya dapat ikut andil serta membantu program dan peran pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, nyaman, dan tenteram yaitu dengan menerapkan sifat dan perilaku yang suka akan kebersihan yang dapat dengan membuang sampah pada tempatnya.

 

3.      Melindungi Satwa Langka

melindungi satwa langka

Binatang di Indonesia beragam dan sangat banyak, tetapi saat ini banyak binatang/hewan-hewan yang sudah mulai punah dan akan habis jika tidak dilestarikan. Punahnya satwa tersebut diakibatkan oleh ulah manusia yang terlalu mengeksploitasi dan memburunya secara berlebihan. Semua orang berlomba-lomba untuk menangkap satwa tersebut untuk keuntungan mereka sendiri yaitu dengan menjualnya kepada negara lain karena harganya sangat mahal. Meskipun pemerintah sudah mempunyai program untuk melestarikan satwa-satwa langka tersebut dengan melindungi mereka di suatu tempat yang dinamakan suaka margasatwa, tetapi banyak manusia yang tidak peduli dengan semua itu. Mereka hanya berpikir untuk keuntungan mereka sendiri. Mereka tidak memikirkan nasib dari satwa-satwa langka tersebut yang semakin hari, semakin sedikit jumlah populasinya di Indonesia. Bahkan mereka menggunaka cara yang kasar untuk menangkap satwa-satwa tersebut, yaitu dengan tembak peluru, jaring-jaring penangkap binatang dan lain-lain yang tentunya itu akan dapat melukai satwa tersebut. seharusnya kita sebagai warga negara yang baik harus membantu pemerintah dalam melindungi dan melestarikan satwa tersebut agar tidak terancam punah sehingga generasi muda penerus bangsa Indonesia dapat melihat satwa-satwa tersebut dan mereka akan bangga dengan negara Indonesia yang mempunyai beraneka ragam satwa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s